Fakta Kemenangan Chelsea atas Southampton: Kejeniusan Tuchel, Situasi Unik Werner & Chilwell

Hasil positif kembali diraih Chelsea dalam lanjutan Liga Inggris pekan ketujuh, Sabtu (2/10/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Southampton yang berkunjung ke Stamford Bridge dengan skor 3 1. Tiga lesakan dari Trevoh Chalobah (9'), Timo Werner (84') dan Ben Chilwell (89') cukup untuk mengamankan tiga angka di kandang sendiri.

Sebiji gol dari sisi Southampton dicetak melalui titik putih oleh James Ward prowse pada menit ke 60. Kemenangan yang diraih The Blues ini bisa dibilang cukup dramatis. Pasalnya, mereka harus menunggu hingga menit ke 84 untuk kembali unggul atas tim tamu.

Romelu Lukaku cs bahkan sudah memperoleh keuntungan sejak menit ke 77 babak kedua. Pada menit itu, James ward prowse diusir wasit dengan kartu merah langsung setelah melanggar dengan keras Jorginho. Meski bermain dengan 10 punggawa saja sejak menit ke 77, The saints tetap memberikan perlawanan sengit.

Hal itu menghasilkan beberapa fakta menarik yang tercipta dari laga tersebut. Pelatih Thomas Tuchel sekali lagi menunjukkan kualitasnya di laga ini. Di saat para pendukung mulai tak sabar untuk melihat gol kemenangan, Tuchel pun bereaksi.

Ia memasukkan Mason Mount, Jorginho dan Ross Barkley untuk memberi warna baru dalam permainan tim. Rencanan pria asal Jerman itupun berjalan dengan sempurna. Jorginho menjadi korban dari tekel keras yang dilayangkan Ward prowse.

Berkat itu, Southampton harus bermain denhan 10 orang untuk melawan 11 pemain The Blues. Mason Mount pun tak mau kalah memberi dampak. Ia menggantikan peran Hudson Odoi untuk menyisir sisi kiri penyerangan tim.

Pemain asal Inggris ini membantu Ben Chilwell untuk membangun serangan yang lebih berbahaya dari sisi tersebut. Barangkali, Ross Barkley lah yang memberi dampak paling besar dari kedua kawannya yang lain. Ia hanya membutuhkan satu menit untuk memberi impresi apik pada Tuchel.

Eks pemain Everton itu melepas umpan silang yang sangat mulus dan mengarah langsung ke AZpilicueta. Azpi mengontrol bola itu dengan mudah sebelum melepas umpan silang yang disambut Timo Werner untuk menjadi gol. Ketiga pergantian yang dilakukan Thomas Tuchel memberikan dampak positif dalam kemenangan The Blues ini.

Terlebih bagi Barkley yang mendapat kesempatan langka untuk menjadi bagian dan diturunkan dalam skuat The Blues era Tuchel. Performa ini barangkali bisa membuka peluang baginya untuk menjadi langganan lini tengah tim di laga selanjutnya. Kelegaan yang besar pasti terasa dalam diri Timo Werner.

Ia akhirnya melepas dahaga untuk membobol gawang lawan yang sudah lama tak ia lakukan. Satu gol ke jala Alex McCarthy ini menjadi gol pertamanya di kompetisi Liga Inggris musim ini. Memang, eks pemain RB Leipzig ini sudah mencetak gol bagi The Blues pada musim ini.

Namun gol tersebut datang dari kompetisi lain. Ia menyumbang gol bagi skuat Thomas Tuchel kala bertanding di Carabao Cup beberapa waktu lalu. Selain itu, komentator pertandingan Chelsea vs Southampton juga menyebutkan fakta yang cukup mencengangkan soal Werner.

Rupanya, pemain timnas Jerman ini sudah 16 kalui merasakan golnya dianulir sejak pindak ke Chelsea dua musim lalu. Catatan itu menjadi yang terbanyak dari semua pemain Chelsea yang pernah dianulir golnya. Chilwell mengalami malam yang cukup unik dalam laga tadi.

Ia sekilas akan mendapat pengalaman tak mengenakkan setelah menjadi tersangka utama yang membuat Southampton mampu menyamakan kedudukan. Eks bek Leicester City ini melanggar salah seorang pemain The Saints yang melakukan penetrasi di dalam kotak penalti. Wasit lantas memberi hadiah sepakan 12 pas pada tim tamu yang dikonversi dengan baik oleh James Ward prowse.

Namun, ia segera menebus kesalahan itu pada menit ke 89. Bek timnas Inggris ini melepas sebuah tendangan voli hasil dari kemelut yang terjadi di kotak penalti Soton. McCarthy sempat menepis tendangan tersebut.

Akan tetapi, teknologi garis gawang menunjukkan bola sudah melewati garis seutuhnya. Satu gol itu bisa menjadi obat dari rasa bersalah sang pemain setelah memberi hadiah penalti pada lawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.